Minggu, 25 Oktober 2015

UTS Kreatifitas dan Inovasi

Kreatifitas & Inovasi
Dosen : Rahmat Ramli S Komp, MM
Doni Adhi Nugroho
75140560
IAB
1. Aktualisasi diri adalah kebutuhan untuk mengungkapkan diri yaitu merupakan kebutuhan manusia yang paling tinggi. Kebutuhan ini akan muncul bila kebutuhan-kebutuhan yang dibawahnya terpuaskan dengan baik. Jadi kita dapat menempatkan diri dan mengetahui batasan kemampuan kita dalam bekerja. Juga mengetahui apa yang ingin kita ciptakan sesuai keinginan kemampuan kita.
Tiga tokoh yang menurut saya merupakan teladan dari keunggulan kreatif adalah
- Ridwan Kamil
- B.J. Habibie
- Hedi Rusdian

2. Bidang apa saja yang membutuhkan kreatifitas
- Bidang Kuliner
Makanan di Indonesia yang beragam contohnya makanan khas Yogyakarta yaitu Gudeg yang rasanya dominan manis dapat disesuaikan agar tidak terlalu manis bagi masyarakat yang ada di Jawa Barat
- Bidang Fashion
Kain Batik yang secara umum digunakan pada acara formal dapat dikembangkan atau di gabungkan dengan kreatifitas baru agar dapat dipakai sehari-hari pada saat santai dan non-formal.
- Bidang Transportasi
Kratifitas dibutuhkan dalam bidang transportasi untuk mengatasi macetnya jakarta dan efesiensi waktu masyarakat.

3. Masalah yang menghambat mahasiswa menjadi kreatif dan inovatif
- Takut gagal
- Malas
- Kurang percaya diri
- Kurang modal
Solusi :
- Berpikir terbuka, Menerima pendapat orang lain
- Lebih percaya pada diri sendiri
- Memperbanyak koneksi dengan orang-orang yang berpikir kreatif
4.
5. Proses kreatif dan inovatif dalam menyelenggarakan event
- Memilih tema kreatif yang akan diselenggarakan
- Menyusun konsep dan rancangan
- Membicarakan konsep dengan tim dan membuat skema aturan mainnya (Kerangka Pikiran)
- Menentukan konten atau isi acara 
- Menentukan pihak-pihak yang akan terlibat dalam event tersebut
- Mengajukan dan melakukan follow up terhadap proposal, dan memberikan batas waktu kepada calon sponsor.-Menghubungi supplier, pengisi acara, seluruh atribut pendukung lainnya. Seperti, perijinan, keamanan dll.
- Melakukan kontrak kepada semua pihak- Melakukan technical meeting dengan seluruh pengisi/pendukung acara-
 Jika diperlukan melakukan konferensi pers
- Melakukan publikasi- Merekruit sesuai dengan kebutuhan
-Membentuk tim untuk event yang akan di selenggarakan.

6. Produk kreatif dari tindakan kreatif
- Ojek Online (Gojek)
Ojek pangkalan yang biasanya mangkal dan susah dicari dirasa sangat sulit untuk menggunakan jasa mereka karena kita harus berjalan dan mencari pangkalan terlebih dahulu terkadang kita juga kurang percaya karena keamanan yang kurang terjamin, namun dengan pengembangan kreatifitas Gojek yang cara pemesanannya online dapat mempermudah customer karena kita dapat menentukan dimana kita akan dijemput dan dapat memilih tujuannya melalui handphone tanpa harus tawar menawar harga.
- Kamera Action (Gopro)
penggemar olahraga ekstreme yang memiliki kebutuhan publikasi tentang apa yang dilakukannya. Kamera merupakan alat yang cocok namun kamera biasa tidak dapat mendukung dalam penggunaannya. Dengan kamera gopro yang di klaim sebagai kamera yang tahan air dan tahan banting dan bentuknya yang kecil dapat mempermudah bagi penggemar olahraga dalam melakukan aksinya.
- Jam Layar sentuh (IWatch)
Jam yang biasanya hanya menunjukan waktu kini di kembangkan dapat tersambung dengan handphone. kelebihannya berlayar senttuh, dapat digunakan telpon, dan mengakses internet.

7.  Berpikir Berbeda (out of the box) yaitu menerapkan cara berpikir yang berbeda dengan pemikiran orang pada umumnya
- Merencanakan masa depan
Berpikir apa yang akan dilakukan selanjutnya dan menentukan apa yang di rencanakan kedepannya
- Mempunyai imajinasi yang luas
Memiliki imajinasi atau mimpi yang tinggi di masa depan 
-Memperbanyak referensi
Mencari ilmu-ilmu baru atau pengalaman  kreatif dan inovatif agar bisa di teladani atau belajar dari keslahan yang sudah ada.

8. Hubungan Ide, kreatifitas dan inovasi adalah berusaha membuat ide dan mengembangkan menjadi suatu yang baru untuk mendapatkan peluang yang ada. Ide tersebut dibuat sesuatu yang kreatif agar terdapat perbedaan-perbedaan dari produk-produk yang lain ataupun membuat inovasi agar terdapat banyak pilihan dipasar sehingga menimbulkan suatu persaingan yang sehat dan juga inovasi untuk barang dan jasa yang dapat diminati oleh masyarakat dan tujuan akhirnya dapat menjual produk tersebut kepasar dan mendapat respon yang positif. Hal-hal diatas adalah tahap awal untuk memulai suatu usaha yang baru atau dapat dikatakan awal untuk menjadi wirausaha atau awal untuk menjalankan atau membuka sebuah bisnis.

9. Mengatasi persebaranm penduduk yang tidak merata
- Membangun industri kecil seperti UMKM di daerah untuk mengembangkan ekonomi daerah tersebut
- Mengadakn event-event tentang kelebihan dari daerah yang jarang penduduknya agar masyarakat tertarik untuk bertransimgrasi ke daerah tersbut
- Mengadakan wisata gratis ke tempat yang jarang penduduknya dan memperkenalkan kebudayaan daerah tersebut

10. Yang melatarbelakangi orang melakukan inovasi adalah rasa imgin memenuhi kebutuhan manusia terhadap suatu barang, kemalasan dan keresahan seseorang dalam melakukan sesuatu
contohnya orang malas ke pangkalan ojek akhirnya menciptakan ojek online / Gojek



Tidak ada komentar:

Posting Komentar